Minggu, 18 Desember 2016

Vladimir Demikhov

Vladimir Demikhov adalah ilmuwan Sovyet yang terkenal karena melakukan 24 buah operasi transplantasi kepala anjing di tahun 50-an; dia menjahit kepala dan bagian depan tubuh anak anjing yang dipotong ke tubuh anjing yang lebih besar. Dalam semua percobaannya,
kedua anjing tersebut hidup dan bahkan bisa minum susu, namun tidak lama. Rata-rata anak-anak anjing yang dipotong dan dijahit ke tubuh anjing besar ini hanya hidup selama sekitar 2 hari, namun salah satu subyeknya bisa bertahan hidup selama 20 hari.
Jika organisasi penyayang hewan semacam PETA dan American Humane Association sudah populer di tahun 50-an, mungkin saja si ilmuwan ini akan dicap "ilmuwan sinting," diprotes, dan rumah serta labnya mungkin bakal dibakar (atau difoto dan disebar di jejaring sosial untuk dipermalukan). Nyatanya, eksperimen Demikhov menjadikannya perintis transplantasi organ modern. Dia adalah orang pertama yang sukses melakukan transplantasi hati dan jantung pada hewan, yang kemudian memberi jalan pada prosedur serupa untuk manusia, sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar