Sabtu, 18 Juni 2016

Segitiga Bermuda





apakah kita akan menggali beberapa misteri yang terjadi di segitiga bermuda ini? Lebih dari 1000 kapal dan pesawat hilang disekitar area ini selama kurang lebih lima abad yang lalu dan konon ceritanya masih berlangsung sampai sekarang.

semua hal tersebut terjadi dimana diyakini tidak ada human eror, atau permasalahan dalam perlengkapan maupun karena adanya keganasan alam. Anehnya, kapal maupun pesawat tiba tiba saja menghilang, padahal semuanya tampak baik baik saja.
beberapa orang mempercayai bahwa hal ini adalah pekerjaan yang dilakukan oleh iblis, sehingga selain sebagai segitiga bermuda, kawasan ini juga sering disebut sebagai segitiga setan (devil’s triangle)

namun pada perkembangannya apa yang berkembang di masyarakat terkadang jauh dari keadaan sebenarnya. Banyak cerita dan mitos yang berkembang di masyarakat dimana versinya berbeda beda sesuai dengan selera si pencerita sendiri :D. atau terkadang juga demi kepentingan beberapa penulis agar bukunya laku, mereka menambah sendiri versi mereka kedalam bukunya tentang segitiga ini. Tidak heran bahwa fakta yang ada sebenar benarnya kini semakin kabur.

Dengan sederhana dari semua definisi, Segitiga Bermuda terletak di lepas pantai Selatan-Timur dari Amerika Serikat dan di Samudera Atlantik. Tiga sudut segitiga adalah: Miami (Florida), San Juan (Puerto Rico), dan Bermuda (utara-pulau atlantik).

Kecelakaan sebagian besar terjadi di dekat perbatasan selatan segitiga antara Florida dan Puerto Rico. Hal ini jelas karena di situlah kawasan ini merupakan yang terluas, dan ada kemungkinan besar bahwa kecelakaan yang terjadi sebenarnya melebihi angka yang telah dipublikasikan.


pertanyaan selanjutnya adalah kenapa kawasan ini dinamakan segitiga bermuda, perlu diketahui bahwa pada awalnya kawasan ini dikenal sebagai segitiga miami
akan tetapi kemudian penduduk florida merasa keberatan dengan sebutan ini, sebab dikhawatirkan nanti para wisatawan akan merasa takut untuk berkunjung kesini. Maka dari itu kemudian namanya diganti menjadi segitiga puerto rico. Puerto Rico juga mengajukan keberatan. Kemudian acuan ditetapkan berdasarkan sebuah 21 mil persegi pulau Bermuda kecil yang membentuk sudut ketiga segitiga. Dan semua pihak menyetujui. Bermuda kemudian juga dikanal sebagai pulau setan, yang dimana dirasa cocok dengan konsep kawasan segitiga, sehingga kemudian akhirnya disepakati penamaan “segitiga bermuda” untuk kawasan ini.



Lenyapnya pesawat dan kapal di segitiga bermuda


Berikut adalah beberapa cerita yang paling menakjubkan dari pesawat dan kapal yang hilang saat melintasi kawasan segitiga.
penerbangan 19 : pesawat avenger dari penerbangan 19 lepas landas dari base naval amerika di florida untuk melakukan latihan rutin, tapi tidak pernah kembali.

PBM Mariner Martin: Ketika harapan untuk penerbangan-19 itu dengan cepat memudar, dua pesawat Martin Mariner dikirim oleh US Navy untuk mencari mereka. Salah satu kembali, tapi anehnya yang lain tidak..

Tudor Star Tiger: Star Tiger, sebuah pesawat berjenis Tudor Mark-IV menghilang di Segitiga Bermuda tak lama sebelum akan mendarat di bandara Bermuda.

penerbangan DC-3: menghilang ketika hanya tinggal berjarak 50 mil dari sebelah selatan Florida untuk mendarat di Miami.

Penerbangan 441: Penerbangan 441, sebuah Airliner Super Constellation Naval menghilang pada bulan Oktober 1954.

C-54 Skymaster: tampaknya terjadi badai mendadak yang telah menghancurkan pesawat. Tapi ada lebih banyak cerita yang beredar mengenai insiden ini.

Mary Celeste - The Ghost Ship: Dikenal sebagai salah satu kapal hantu dari Segitiga Bermuda, Mary Celeste memiliki banyak cerita petualangan bahkan sebelum perjalanan misteri nya pada tahun 1872.

Marine Sulphur Queen: mulai berlayar pada tanggal 2 februari 1963 dari beaumont, texas dengan beranggotakan 39 kru. Kapal ini dinyatakan hilang di florida pada tanggal 4 februari.

Ellen Austin: Ellen Austin, kapal pengangkut bir,bertemu dengan kapal lain di segitiga bermuda yang mengebut, namun anehnya tidak ada satu krupun di kapal tersebut.

USS Cyclops: hilangnya U.S.S. Cyclops di segitiga bermuda merupakan salah satu misteri terbesar yang terjadi di laut.
USS Scorpion: USS Scorpion (SSN-589) adalah sebuah kapal selam bertenaga nuklir dari Angkatan Laut Amerika Serikat yang menghilang di wilayah Segitiga Bermuda pada Mei 1968.

#beberapa teori untuk menyingkap misteri segitiga bermuda

jadi apa yang menyebabkan hilangnya pesawat dan kapal diperiran ini? Ada beberapa riset dan penelitian yang dilakukan untuk menguak misteri ini. Namun kesemuanya tidak ada satupun yang dapat menjelaskan semua kecelakaan yang berhubungan dengan menghilangnya kapal dan pesawat tadi. Kapal dan pesawat tersebut dianggap sebagai korban dari keadaan dan situasi yang berbeda beda. Namun ada beberapa teori yang hampir dapat menjelaskan misteri ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

*Metana yang terjebak di bawah dasar laut dapat meletus, akibatnya dapat menurunkan kepadatan air dan menyebabkan kapal tenggelam. Bahkan pesawat terbang di atasnya, dapat terbakar dan benar-benar hancur saat ledakan gas tersebut

*Laut Sargasso merupakan daerah yang aneh yang tidak memiliki pantai dan dibatasi hanya oleh arus air di semua sisi. Banyak kapal melewatinya terdampar dan dibuat tak bergerak.
*Kabut dengan muatan elektromagnetik, merupakan sebuah awan misterius yang entah muncul darimana, dimana ketika kapal dan pesawat melewatinya maka peralatan elektronik mulai rusak, dan pada akhirnya kapal kapal tersebut hilang tanpa jejak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar